KEPALA PUSKESMAS
Kepala Puskesmas/>
STAF PUSKESMAS
APLIKASI ANDROID WEB PKM

Menghitung Indeks Massa Tubuh

Berat Badan :

Tinggi Badan :



IMT =


Waspada!!! KLB Kasus Difteri Di Indonesia

Pada akhir tahun 2017 sampai dengan awal tahun 2018, Indonesia dikejutkan dengan meningkatnya kasus penyakit Difteri. Hal ini sedikit banyaknya menimbulkan ketakutan pada masyarakat.
Tidak sedikit pasien di Puskesmas Kembang Janggut yang datang berkunjung ke Puskesmas untuk menanyakan perihal penyakit tersebut. Apalagi jika ada keluarga mereka yang sakit dengan gejala mirip Difteri.

Dilansir dari situs BBC Indonesia, disebutkan bahwa “Kementerian Kesehatan bahkan sudah menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) karena penyakit mematikan yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diptheriae ini telah memakan puluhan korban jiwa setidaknya di 20 provinsi.”
Dalam Data Kementerian Kesehatan ditunjukkan hingga November 2017, ada 95 kabupaten dan kota dari 20 propinsi yang melaporkan kasus difteri. Dari seluruh laporan tersebut terdapat 622 kasus dan 32 kasus diantaranya meninggal dunia.

Sementara dari Situs harian Republika, disebutkan pada kurun waktu Oktober hingga November 2017, ada 11 Propinsi yang melaporkan terjadinya KLB difteri, antara lain di Sumatra Barat, Jawa Tengah, Aceh, Sumatra Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pun menyatakan bahwa kasus Difteri kian bertambah menjadi 28 provinsi di Indonesia yang terjadi di 142 kabupaten-kota.

Masih dari siitus harian Republika, disebutkan pula bahwa kasus warga terjangkit penyakit difteri di Provinsi Kalimantan Timur sudah terjadi selama dua tahun. Hal ini berdasarkan pendataan Dinas Kesehatan Kalimantan Timur, dimana pada tahun 2016 tercatat ada sembilan kasus sementara pada tahun 2017 terdeteksi 14 kasus.
Sembilan kasus difteri yang terdata pada 2016 lalu, yakni tujuh kasus di Kota Balikpapan, satu kasus di Kabupaten Penajam Paser Utara, dan satu kasus terjadi di Kota Bontang. Sedangkan 14 kasus yang terjadi pada tahun 2017 per 15 Desember, yakni di Kota Balikpapan tercatat ada tujuh kasus, di Penajam Paser Utara dilaporkan ada tiga kasus, kemudian di Kabupaten Kutai Kartanegara juga dilaporkan satu kasus, di Kabupaten Kutai Barat satu kasus, Kabupaten Kutai Timur satu kasus, dan di Kota Samarinda tercatat ada satu kasus.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

KASUBAG TATA USAHA
Kasubag Tata Usaha/>


PENDAFTARAN PASIEN :
HARI
JAM
Senin-Kamis
07:30-11:30
Jumat
07:30-10:00
Sabtu
07:30-11:00
JAM KANTOR :
HARI
JAM
Senin-Kamis
07:30-14:30
(Istirahat)
12:00-13:00
Jumat
07:30-11:00
Sabtu
07:30-13:00
ARTIKEL BLUD

PKM KBJ MESSENGER

APLIKASI ANDROID FORUM

LOKASI PUSKESMAS


Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru Puskesmas Kembang Janggut secara gratis

Ketikkan Email Anda





error: Selamat Berkarya !!